PROFIL
Madrasah Tsanawiah ( MTs )
PERGURUAN MIHADUNAL ULA
SEJARAH PERGURUAN
Bediri Perguruan : Tahun 1923
Berdiri Yayasan : Tahun 1992
Pendiri : KH. Ahmad Rifa’i, KH. Abdul Qohar
Pendidikan Yang
Dikelola : Tahun 1923 Madrasah Diniyah,
Majlis Ta’lim,
Pondok Pesantren
Tahun 1980 Raudhatul Athfal
Tahun 1963 Madrasah Ibtidaiyah
Tahun 1991 Madrasah Tsanawiyah
Tahun 2005 Sekolah Menengah Kejuruan
NAMA SEKOLAH :
Madrasah Tsanawiah ( MTs ) Mihadunal Ula
Status : Diakui
NIS : 20221532
NSS : 212320424095
Penyelenggara
Perguruan Mihadunal Ula – Yayasan Pendidikan Islam Arrifa’iyyah
Alamat
Kantor : Jl. Bojongsawah KM. 2 Tanjungsari Kec. Kebonpedes – Kab. Sukabumi 43191
Telepon : (0266) 243 257, (0266) 243 301
AZAS/LANDASAN
1. Ideal : Al-Qur’an, As-Sunnah serta UUD 1945
2. Konstitusional : Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Yayasan
3. Operasional : Imamah-Jamaah,
Mawaddah-Rahmah
Tausiyah-Maslahah, dan
Taabbud lillah.
MAKSUD DAN TUJUAN
1. Memfungsikan diri kita sebagai abid Allah Ta’ala.
2. Merealisasikan pertanggungjawaban di dalam pembinaan, pendidikan dan pengajaran serta amar ma’ruf nahi munkar
VISI DAN MISI
A. Visi
Tanggungjawab untuk melahirkan kader/anak bangsa, agar menjadi insan kamil (manusia paripurna) yang berkaidah ahli sunnah waljamaah, berakhlakul karimah serta berilmu amaliah dan beramal ilmiah
B. Misi
1. Membina dan mengajar peserta didik agar:
a. Dapat mengetahui dasar-dasar BTHQ (Baca Tulis Hafadh Qur’an) dengan baik dan benar.
b. Dapat menghapal sebagian ayat qur’an dan hadits, antara setengah sampai satu juz atau surat-surat pendek, disesuaikan menurut jenjang dan/tingkatan.
c. Memiliki akhlakul karimah di dalam pengabdian diri kepada Allah dan pergaulan di tengah masyarakat.
d. Berilmu amaliah dan beramal ilmiah yang didasari aqidah islamiah annaajiyah
2. Mempersiapkan peserta didik yang memiliki:
a. Kecerdasan, berwawasan luas sebagai persyaratan pembentukan pribadi yang berkualitas dan yang mandiri.
b. Pengetahuan dan keteramppilan sebagai modal dasar kehidupan berbangsa dan bernegara
c. Sebagai SDM yang mahal, berdayaguna dan berhasil guna.
3. Mendidik dan membina peserta didik yang:
a. Produktif, adaptif, dan kreatif, serta berdisiplin
b. Mampu berkarir, mampu berkompetisi dan mengembangkan diri
c. Mampu menjalin kerjasama dengan dunia usaha dan atau dengan lembaga pendidikan
SARANA DAN PRASARANA
1. Luas tanah 1.435 m2
2. Ruangan yang tersedia
a. Lokal Ruang Belajar 6 lokal
b. Ruang Kantor Kepala Sekolah 1 lokal
c. Ruang Kantor Dewan Guru 2 lokal
d. Ruang Kantor Tata Usaha 1 lokal
e. Ruang Praktek Komputer 1 lokal
f. Tenaga Edukatif dan Administrasi 14 orang
g. Lapangan Olahraga 2 buah
h. Warung Koperasi 1 lokal
i. Kopontren 1 lokal
j. Kantin Sekolah 1 lokal
KETENAGAAN
A. Pengelola Pendidikan
MTs Mihadunal Ula ini dikelola oleh Manajemen Majlis Pendidikan (Perguruan) yang sudah mengelola lembaga pendidikan dari mulai RA, MI, MD, Majlis Taklim dan Pondok Pesantren yang ada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Ar-Rifaiyyah.
B. Tenaga Teknis Edukatif dan Non Edukatif
Tenaga teknis Edukatif dan Non Edukatif direkrut oleh Perguruan dan diberikan SK oleh Yayasan dengan ketentuan sebagai berikut :
Ê Yayasan mengangkat dan memberhentikan Kepala Sekolah
Ê Guru-guru diangkat oleh Yayasan atas usul Kepala Sekolah yang disetujui oleh Perguruan
Ê Kepala Sekolah dan Dewan Guru serta Tata Usaha melaksanakan Administrasi Sekolah. Sedangkan keuangan dipegang oleh Bendahara Perguruan yang berkoordinasi dengan Kepala Sekolah dan pihak Yayasan.
Ê Tenaga Teknis Edukatif dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam Ar-Rifaiyyah
Ê Yayasan mengangkat dan memberhentikan Kepala Sekolah
Ê Guru-guru diangkat oleh Yayasan atas usul Kepala Sekolah yang disetujui oleh Perguruan
Ê Kepala Sekolah dan Dewan Guru serta Tata Usaha melaksanakan Administrasi Sekolah. Sedangkan keuangan dipegang oleh Bendahara Perguruan yang berkoordinasi dengan Kepala Sekolah dan pihak Yayasan.
STRUKTUR ORGANISASI
Dalam rangka berjalannya Tata organisasi MTS Islam Mihadunal Ula sehingga menjadi Lembaga yang penuh dedikasi dan mencapai sasaran dan tujuan sesuai dengan program, untuk itu dibentuklah suatu tim yang mampu mengorganisir semua system yang ada di lingkungan lembaga pendidikan MTS Mihadunal Ula.
Æ Susunan Pengurus Yayasan Ar-Rifaaiyyah
Pembina : 1. M. Ayikullah Rifa’i
2. Anas Amarullah, S.Ag
3. Drs. Wildan Hizbulloh AK.
4. Endang Hasyim, S.Ag
Pengurus Harian
Ketua Umum : M. Yad Nuryadin
Ketua I : Ucep Fahrudin
Ketua II : Jenal Aripin, S.Ag
:
Sekretaris Umum : Jalalludin
Sekretaris I : Iqbal Nasrun. A
Sekretaris II : Dundan Muqoddas
Bendahara I : Jaya Rahmat
Bendahara II : Miftahudin
Majlis Ma’had
Ketua : Jujun Junaedui
Anggota : D. Rodibillah
Anggota : Iis Muhsonah
Majlis Pendidikan
Ketua : O. Nur Kosim
Anggota : Yas’a Abdul Fatah
Anggota : Andi Priatna, S.PdI
Majlis Alumni
Ketua : Pardi Supardi, S.S
Anggota : Falahudin
Anggota : M. Basori
Majlis Sosial Ekonomi
Ketua : Abun Bunyamin
Anggota : M. Faisal, S IPS
Anggota : Peri Setiawan, S.PdI
Kepala Sekolah RA/ TK : Neneng Hamidah
Kepala Sekolah MI : Mimin Rukmini
Kepala Sekolah MTs : Jaya Rahmat
Kepala Sekolah SMK : Dede Iskandar, ST
Æ Susunan Pengurus MTs Mihadunal Ula
Kepala Sekolah : Jaya Rahmat
Waka Bid. Kurikulum & Perpus : Jenal Arifin, S.Ag
Waka Bid. Sarana : ucep Pahrudin
Waka Bid. Kesiswaan & OSIS : Feri Setiawan, S.PdI
Ka. Tata Usaha : Robi Maulana Yusuf, S.PdI
Kasub. Keuangan : Rina Marlina, S.Si
Wali Kelas
Kelas VII A : Robi Maulana Yusuf, S.PdI
Kelas VII B : Jenal Arifin, S.Ag
Kelas VIII A : Pardi Supardi, S.S
Kelas VIII B : Rina Marlina, S,Si
Kelas IX A : Solihat, S.Pd
Kelas IX B : Ucep Pahrudin
Tenaga Pengajar : Jaya Rahmat
Jenal Aripin, S.Ag
Ucep PahrudinS
Andi Priatna, S.PdI
Rina Marlina, S.Si
Robi Maulana Yusuf, S.PdI
Pardi Supardi, S.S
Feri Setiawan, S.PdI
Dede Sutinah, S.PdI
Solihat, S.Pd
Abun Bunyamin
Iis Kholilah
Iqbal Nasrun A
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
1. Jumlah Rombongan Belajar 6 kelas terdiri dari kelas VII A,VII B,VIII A,VIII B dan IX A, IX B
2. Kegiatan Ekstra Kurikuler : Tahfidz Qur’an dan Olahraga.
DATA SISWA MTs MIHADUNAL ULA
Priode 2007/2008
NO
KELAS
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
1
VII (tujuh)
23
31
54
2
VIII (delapan)
31
26
57
3
IX (Sembilan)
34
27
61
Jumlah
85
84
172
FAKTOR PENDUKUNG PADA MTS MIHADUNAL ULA
1. Lokasi Strategis karena sudah disiapkan pembangunan untuk pesantren
2. Potensi murid dari MI Mihadunal Ula (internal) sebanyak 450 orang, SD Cipari (1km) 150 orang, SD Bojongsawah (150 orang)
3. SDM Mampu dan potensial untuk berkembang
4. Memiliki tanah yang siap dibangun dan dikembangkan
5. Memiliki akses kepada beberapa instansi, LSM dan pemerhati pendidikan secara lokal maupun regional
6. Mempunyai orangtua asuh yang permanen dan ikatan alumni perguruan yang aktif berpartisipasi dalam mengembangkan pendidikan secara fisik maupun konseptual.
POTENSI DAN PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH
1. POTENSI DAN KELEMAHAN INTERNAL
1. IDENTIFIKASI POTENSI SUMBER DAYA YANG DIMILIKI
A. MTS Mihadunal Ula bediri pada tahun 1991 di Kebon Pedes Sukabumi.
B. Persekolahan diselenggarakan pada komplek perguruan Mihadunal Ula di jalan Bojong sawah Km 2 Kebon pedes Sukabumi menempati lahan seuas 3000 M2 dengan bangunan berlantai dua pada bangynan seluas 1000 M2
C. Infrastruktur memadai yaitu;
. - Sarana Olah Raga Basket ,Voli dan Atletik
- Sarana Ibadah Mesjid dan Asrama
- Kantor dewan Guru,Kepala Sekolah
D. Dewan Guru, Sebahagian besar adalah para lulusan perguruan Tinggi yang memiliki latar belakang pengalaman di bidang masing masing.
2. IDENTIFIKASI KELEMAHAN SEKOLAH YANG DIMILIKI
A. Tingkat pendapatan dari SPP, PSP, dan DSP sangat rendah (60%). Hal ini disebabkan karena daya beli orang tua siswa yang mayoritas berasal dari keluarga tidak mampu, hal ini mengakibatkan revisi APBS yang berdampak kepada belum meningkatnya tingkat gaji guru, efisiensi biaya operasional.
B. Belum memiliki Bussiness Center yang dapat menjadi sumber pembiayaan alternatif dalam menutupi defisit anggaran sekolah.
Sabtu, 01 September 2007
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
1 komentar:
MTs. OKe lah
Posting Komentar